Syarat Donor Darah dan Manfaatnya Bagi Kesehatan


Donor darah pada dasarnya termasuk sebagai salah satu kegiatan sosial yang dapat Anda lakukan untuk membantu sesama yang memang tengah membutuhkan transfusi darah. Mengingat terkadang memang ada beberapa kondisi kesehatan yang membuat seseorang kehilangan banyak darah yang ada di tubuhnya, sehingga harus segera mendapatkan donor agar tidak sampai meninggal dunia. Darah yang diberikan juga harus sesuai dengan darah yang membutuhkan tersebut, biasanya akan diberikan kantong darah yang berasal dari pendonor. Hanya saja untuk bisa menjadi pendonor ini maka ada beberapa syarat donor darah yang harus dipenuhi.


Berikut ini diantaranya syarat yang harus dipenuhi sebelum mendonorkan darah, yaitu:

  1. Berusia diantara 17 hingga 60 tahun.
  2. Berat badan minimal pendonor adalah 45 kg.
  3. Temperatur tubuh dalam ukuran normal, yaitu antara 36,6 hingga 37,5 derajat celcius.
  4. Tekanan darah berada dalam kondisi yang normal, yaitu dengan sistol 110-160 mmHG dan juga diastol 70 hingga 100 mmHg.
  5. Denyut nadi juga dalam ukuran normal, setidaknya adalah 50 hingga 100 kali permenitnya.
  6. Khusus untuk calon pendonor perempuan, setidaknya memiliki hemoglobin 12 gram, sedangkan untuk laki-laki minimal adalah 12,5 gram.
  7. Menyumbahkan darah pertahun maksimal adalah 5 kali dengan jarak mendonorkan atau menyumbangkan darah adalah minimal 3 bulan.

Ada banyak sekali sebenarnya manfaat yang bisa Anda rasakan dengan mendonorkan darah secara teratur ini, diantaranya adalah:

  1. Mengurangi resiko terkena penyakit jantung, dengan mendonorkan darah Anda maka akan membuat sirkulasi darah juga menjadi lebih baik, karena darah yang lama nantinya akan digantikan yang baru. Sehingga akan membuat jantung juga bekerja secara lebih baik dalam memompa darah, jadi dapat mengurangi resiko terkena penyakit jantung.
  2. Membantu untuk membakar kalori, dengan kehilangan darah dalam jumlah tertentu secara otomatis juga Anda akan kehilangan kalori dalam jumlah tersebut. Sehingga sangatlah bagus bagi Anda yang tengah dalam program penurunan berat badan.
  3. Dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker, diantaranya adalah jenis kanker hati, paru-paru, usus besar dan juga kanker tenggorokan.
  4. Dapat meningkatkan produksi darah dalam tubuh, dengan mendonorkan atau mengeluarkan darah yang lama, secara otomatis nantinya tubuh juga akan terlatih untuk memproduksi sel-sel darah yang baru untuk menggantikan yang sudah hilang tersebut. Sehingga secara otomatis nantinya produksi darah juga akan senantiasa meningkat, membuat tubuh tetap sehat.
  5. Membuat pikiran menjadi lebih stabil, donor darah akan membuat seseorang bisa menjadi lebih tenang dan juga bahagia karena sudah membantu sesama, meskipun pada dasarnya bantuan yang diberikan tersebut juga tidak banyak. Sehingga sangat bagus untuk menjaga kesehatan psikologis Anda tentunya.
  6. Merupakan bagian dari pemeriksaan kesehatan, darah yang Anda donorkan nantinya tidak akan langsung digunakan, melainkan akan diperiksa dan juga dicek terlebih dahulu kelayakannya sebelum dipakai. Sehingga jika seandainya terdeteksi resiko masalah kesehatan atau penyakit tertentu maka bisa diketahui oleh pemiliknya, karena pihaknya akan menghubungi Anda.
  7. Dapat menurunkan kadar kolesterol, karena memang sebagian darah Anda disumbangkan, termasuk jika terdapat senyawa yang berbahaya bagi tubuh layaknya kolesterol juga tidak akan ditimbun dalam tubuh, melainkan dibuang.

Itulah mengapa mereka yang donor darah biasanya akan merasakan tubuh yang kian bugar dan ketagihan untuk melakukannya lagi. Cek syarat donor darah tersebut, jika memang Anda layak atau bisa kenapa tidak.

Post a Comment

0 Comments