Pentingnya Investasi Untuk Seorang Karyawan


Di era persaingan yang semakin ketat, mencari pekerjaan merupakan tantangan yang menarik. Banyak proses yang harus dilalui oleh seorang pelamar kerja. Jika beruntung, Anda akan bekerja di perusahaan yang diinginkan. Namun tidak sedikit karyawan yang justru terpaksa bekerja di mana saja asal cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.


Saat itu Anda akan berusaha mencari peluang lain untuk menambah pendapatan misalnya bekerja lembur atau bekerja di luar jam kantor yang pasti menyita waktu Anda. Salah satu cara untuk mewujudkan keinginan Anda adalah dengan melakukan investasi. Mengapa belajar investasi penting untuk seorang karyawan? Berikut ulasannya.

#1 Menguntungkan

Dengan melakukan investasi maka nilai uang yang Anda miliki akan bertambah dengan adanya bunga. Anda akan mendapatkan bunga jika berinvestasi di manapun itu baik melalui reksadana, saham, emas, properti, dan investasi lainnya.

#2 Membantu Mencapai Tujuan Keuangan

Apabila Anda memiliki tujuan keuangan seperti membeli rumah, kendaraan, memiliki dana pensiun, dana pendidikan anak, atau dana persiapan menikah; investasi dapat membantu tujuan keuangan yang telah Anda susun.

#3 Menjaga dari Risiko Inflasi

Konsep time value of money menjelaskan bahwa 1 rupiah pada masa sekarang akan berbeda dengan 1 rupiah di masa depan. Hal tersebut dapat terjadi karena adanya inflasi. Ketika seseorang berinvestasi, maka ia dapat melindungi uangnya dari risiko inflasi.

#4 Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga

Kesejahteraan diri dan keluarga dapat diperoleh dengan berinvestasi. Anda tidak perlu bekerja lembur atau bekerja tambahan di luar jam kerja. Waktu Anda tersebut dapat anda gunakan untuk berkumpul bersama keluarga.

Bagaimana Cara Memulai Investasi dengan Gaji Pas-Pasan?

Setelah mengetahui keuntungan dan pentingnya investasi, berikut merupakan cara memulai investasi dengan gaji yang dirasa pas-pasan untuk hidup sehari-hari.

#1 Tentukan Kemampuan Investasi Setiap Bulan

Saat memasuki awal bulan, Anda harus membuat anggaran untuk investasi. Pastikan anggaran investasi yang Anda buat sesuai dengan kemampuan keuangan. Jangan lupa untuk mencatat keuangan sebelumnya agar Anda mengetahui apakah kebutuhan pokok sudah tercukupi. Apabila sudah, barulah membuat anggaran untuk investasi.

#2 Menentukan Instrumen Investasi

Ada banyak instrumen investasi yang dapat dipilih sesuai dengan kemampuan calon investor. Salah satu instrument investasi online yang dapat dipilih adalah P2P Lending yang merupakan platform digital yang mempertemukan investor dan peminjam dana misalnya Amartha. 

#3 Perhatikan Return dan Risikonya

Dalam berinvestasi penting untuk mengetahui imbal hasil dan risiko dari setiap investasi yang diambil. Selain itu, perlu diperhatikan sisi likuiditasnya yaitu seberapa cepat hasil investasi dapat diuangankan kembali. Anda mempunyai kendali penuh kemana uang akan diinvestasikan. Jangan sampai salah langkah, Anda harus aktif mencari informasi terkait investasi tersebut.

Dengan memahami pentingnya investasi dan cara memulai investasi bagi karyawan, apakah Anda sudah siap berinvestasi?

Post a Comment

0 Comments