Bahan Makanan Mengandung Serat untuk Diet

Serat merupakan bahan penting khususnya ketika seseorang menentukan untuk melakukan diet. Serta membantu megefektifkan pencernaan dan membuat perut merasa kenyang meskipun tidak makan banyak. Serat tidak dimetabolisme namun membantu proses pencernaan makanan.
Berikut merupakan beberapa bahan makanan berserat untuk diet.



Sayuran
Sayuran khususnya yang berhijau daun memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Serat terdapat di beberapa bagain, baik tulang daun maupun bagian penyangga dalam struktur daun. Sayuran yang berupa umbi seperti wortel juga mengandung serat yang cukup tinggi.

Sayuran yang paling banyak mengandung serta adalah bayam, kemudian brokoli, lalu kacang panjang, lembayung,

Biji-bijian
Kacang-kacangan dan polong-polongan juga mengandung serat yang tinggi. Kacang rebus banyak digunakan oleh para pediet sejati untuk bahan diet . Selain kacang enak untuk dikonsumsi, kandungan seratnyayang tinggi serta kandungan kolesterol yang rendah membuat kacang menjadi bahan diet yang paling digemari.

Cokelat
Selama ini cokelat tidak banyak dianggap sebagai bahanmakanan berserat untuk diet. Padahal menurut penelitian, kandungan serat di dalam buah cokelat cukup tinggi. Cokelat olahan masih mengandung kadar serat di atas 30 gram yang berarti hampir sepadan dengan kandungan serat pada beberapa jenis sayuran berwarna hijau seperti kangkung.

Buah
Beberapa buah memiliki kandungan serat yang tinggi. Serat nanas sangat terasa ketika dimakan. Begitu juga buah mangga memiliki kandungan serat yang sangat tinggi. Beberapa peserta diet menyatakan bahwa serat di dalam buah mangga mampu membuat mereka bertahan tidak makan beberapa waktu dan tetap merasakan kenyang. Selain buah nanas dan mangga, masih banyak buah-buahan yang kaya akan serat. Bahkan buah jeruk yang didominasi oleh air, juga memiliki kandungan serta yang cukup tinggi. Demikian pula buah salak.

Serealia dan umbi-umbian
Serealia seperti nasi, gandum, mengandung serat yang paling tinggi jika dibandingkan aneka jenis produk. Terdapat beberapa kesalahan persepsi, di mana para praktisi diet tidak mencantumkan nasi sebagai salah satu produk diet dan bahkan menghindari makan nasi. Suatu pandangan yang keliru, jika menghindari nasi. Umbi-umbian juga mengandung serat yang sangat tinggi.

 Demikian bahan makanan berserat untuk diet. Semoga bermanfaat.


 

Post a Comment

0 Comments