Bahan Alami Penghilang Ketombe

Ketombe adalah masalah sederhana yang sangat mengganggu, selain rasa gatal yang ditimbulkan, juga serpiha-serpihan putih yang bermunculan dapat menganggu rasa percaya diri.



Kebanyakan orang akan menanggulangi ketombe dengan menggunakan shampo anti ketombe. Namun ternyata ada beberapa bahan alami yang dapat membantu kita menghilangkan ketombe secara tepat, bahkan beberapa bahan itu dapat kita temukan dengan mudah di sekitar kita.
Inilah beberapa bahan alami yang dapat membantu menghilangkan ketombe:

 Madu
Khasiat madu sudah sangat diketahui secara umum. Namun biasanya orang menggunakan madu untuk dikonsumsi secara langsung sebagai bahan makanan. Ternyata, madu diketahui dapat membersihkan kotoran dan membunuh kuman. Caranya dengan mencampurkan 2 sendok makan madu kental dengan air dingin secukupkan, lalu pijatkan campuran madu dengan air tersebut secara merata keseluruh bagian kulit kepala, diamkan sejenak agar meresap lalu bilas dengan air dingin. Lakukan secara teratur.

 Apel
Pepatah mengatakan sebutir apel sehari dapat menjauhkan Anda dari penyakit. Ambil 2 atau 3 buah apel, kemudian cuci bersih, lalu lumatkan dengan menggunakan food processor atau juicer. Oleskan ekstrak apel tersebut secara merata pada kulit kepala, diamkan selama 5 menit, kemudian bilas hingga bersih.

 Jeruk Nipis
Jeruk Nipis mengandung asam salisilat yang dapat membantu melembabkan kulit kepala. Caranya, peras 1 atau 2 buah jeruk nipis, dapat juga di campurkan dengan satu sendok teh madu. Oleskan pada kulit kepala sambil dipijat dengan ringan. Diamkan selama 10-15 menit kemudian bilas hingga bersih.

 Lidah buaya
Lidah buaya paling sering digunakan untuk mengatasi kerontokan rambut dan juga dapat mengatasi ketombe. Caranya, ambil beberapa daun lidah buaya, kemudian kupas dan ambil bagian dalamnya yang berwarna transparan. Kemudian oleskan secara merata pada kulit kepala sambil dipijat dengan ringan. Diamkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih. Lakukan perawatan ini seminggu sekali.

 Mengkudu
Buah mengkudu berhasiat sebagai antiseptik yang dapat menghilangkan kuman dan juga sebagai pelembut kulit. Caranya, pilih mengkudu yang sudah masak. Cuci bersih 3 buah mengkudu masak tersebut, lalu parut. Tambahkan sedikit air hangat pada hasil parutannya, aduk rata. Kemudian gosoklah kulit kepala dengan campuran tersebut. Biarkan sampai mengering kemudian bilas dengan air hingga bersih.

 Nanas
Nanas mengandung zat yang berhasiat membuang jaringan kulit yang tidak sehat, seperti ketombe. Caranya, pilih nanas yang telah masak, kemudian kupas kulitnya dan parut halus. Gosokkan dengan lembut parutan kulit nanas itu pada kulit kepala secara merata, terutama pada bagian yang gatal dan berketombe. Diamkan hingga mengering lalu cuci bersih. Sebaiknya dilakukan setiap hari sampai ketombe bersih.

Post a Comment

0 Comments